Secara umum manusia hanya mengetahui vitamin C, Vitamin A dan vitamin B kompleks sehingga kebanyakan orang sering mengabaikan jenis vitamin lainnya seperti vitamin D. Padahal vitamin D juga sama-sama penting bagi tubuh sehingga kekurangan vitamin D dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu setiap orang perlu mencukupi kebutuhan vitamin D yang tak kalah penting bagi tubuh. Kandungan vitamin D ini bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan yang dapat dikonsumsi namun selain itu vitamin D ini juga bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh dengan menggunakan bantuan dari sinar matahari di pagi hari.

Perlu anda ketahui bahwa vitamin D ini juga memiliki beberapa jenis seperti vitamin D2 dan vitamin D3 yang masing-masing diperlukan oleh tubuh. Vitamin D2 atauergokalsiferol yang umunya terdapat di dalam ragi untuk memfermentasikan makanan atau minuman. Sementara itu vitamin D3 atau kolekalsiferol sebagai salah satu penyusun jaringan kullit manusia. Kandungan vitamin D ini bisa anda peroleh dengan mudah karena hampir seluruh jenis makanan memiliki kandungan vitamin D di dalamnya mulai dari sayuran, buah-buhan dan beberapa jenis makanan lainnya. Vitamin D ini memiliki beberapa kegunaan di dalam tubuh manusia, berikut manfaat vitamin D sebagai salah satu vitamin penting yang sering diabaikan oleh manusia

  1. Vitamin D berperan untuk menguatkan tulang dan gigi

Manfaat vitamin D yang paling penting yaitu berguna untuk membantu penyerapan kalsium yang diperlukan tulang agar tulang dan gigi tetap sehat dan kuat serta terhindar dari pengeroposan tulang atau penyakit lain yang terjadi pada tulang seperti osteomalacia.

  1. Vitamin D berperan dalam menjaga kesehatan tubuh

Selain itu vitamin D ini juga ikut berperan aktif dalam sistem imunitas tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

  1. Vitamin D berperan untuk menjaga kesehatan kulit

Manfaat vitamin D yang terakhir yaitu mampu menjaga kesehatan kulit agar kulit terhindar dari berbagai macam masalah kulit mulai dari yang ringan hingga yang parah seperti psoriasi.

Sumber : sumbermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *